Apa Saja yang Membedakan Kulit Wajah dan Tubuh?

Ketebalan kulit wajah dan tubuh berbeda. Mengutip laman The Beauty Chef, perbedaan lainnya adalah susunan pergantian sel kulit. Kulit wajah lebih tipis dibandingkan bagian tubuh. Hal itu, karena lapisan lemak di bawah kulit tubuh lebih tebal daripada wajah.

Mengutip situs web penyedia informasi kesehatan Healthline, bahwa kulit di kelopak mata bagian yang paling tipis dan halus. Kulit yang paling tebal di bagian punggung dan kaki. Adapun kulit di bagian tangan dan telapak kaki mempunyai lapisan ekstra yang menutupi utuh di epidermis. Lapisan itu memungkinkan peningkatan ketahanan dan peregangan di bagian tersebut.

Kelambatan pergantian sel kulit tubuh seringkali mengakibatkan kulit lebih tebal, kering, dan bersisik. Itu karena sel kulit mati bisa bertahan lebih lama di tubuh. Jika dibandingkan bagian wajah, kulit tubuh mempunyai lebih sedikit kelenjar sebasea yang berfungsi untuk mengeluarkan zat minyak.

Kelenjar sebasea paling banyak terdapat di zona T wajah. Tak heran kulit wajah bagian ini sangat berminyak. Sebab perbedaan itulah produk perawatan kulit wajah dan tubuh berbeda.

AMELIA RAHIMA SARI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.