Keunikan Rasa dan Sajian Beragam Nasi Goreng Khas Nusantara

Nasi goreng termasuk kuliner yang mudah ditemukan di berbagai daerah Nusantara. Pedagang yang menjajakan nasi goreng tak hanya berkeliling membawa gerobak. Banyak juga yang menjajakan nasi goreng di warung dan restoran. Keistimewaan nasi goreng adalah campuran bumbu yang mempengaruhi rasa. Sebab itulah ada beragam nasi goreng di Indonesia. Bahkan satu kedai pun bisa menawarkan berbagai menu nasi goreng.

Berikut berbagai nasi goreng khas Nusantara:

Nasi goreng Jawa biasanya menggunakan bumbu utama, yaitu cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, kecap manis. Nasi goreng ini cenderung berwarna cokelat kemerahan. Sajian nasi goreng bisa ditambahkan irisan kubis, mentimun, dan taburan bawang goreng.

Ciri khas nasi goreng ini menggunakan campuran mi dan balung ayam. Rasanya masih mirip nasi goreng Jawa, tapi komposisi penyajiannya yang membuat sensasi makanan ini berbeda.

Seperti namanya, nasi goreng ini menggunakan campuran bumbu rendang, sebagaimanan dikutip dari blog kuliner MHM Asia. Ada suwiran daging sapi dalam campuran nasi goreng. Bumbu rendang membuat sensasi rasa nasi goreng ini khas masakan Padang.

Keunikan goreng ini bukan cuma penamaan, tapi juga beragam campurannya, yaitu telur, suwiran ayam, hati, ampela, sosis, bakso, kubis, sawi. Di Jakarta, banyak sekali pedagang yang menjajakan nasi goreng gila. Makanan ini boleh dibilang sebagai menu malam, karena pedagang nasi goreng gila biasanya mulai berjualan saat sore hingga malam.

Irisan daging kambing merupakan campuran nasi goreng ini. Rasa nasi goreng ini biasanya cukup pekat karena rempah-rempah yang digunakan untuk memadukan dengan aroma daging kambing.

Sajian nasi goreng khas Makassar ini berwarna yang merah, karena menggunakan saus tomat.

VALMAI ALZENA KARLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.