Masalah dengan Ayah yang Kerap Dialami Anak

Daddy issues adalah penggambaran tentang orang yang memiliki trauma atau karakter mereka terbentuk akibat hubungan buruk dengan ayah. Seperti apa macamnya?

Selama masa kanak-kanak, orang mungkin telah memiliki pengalaman buruk atau hubungan jauh dengan ayah. Atau mungkin sebaliknya, mereka memiliki hubungan yang sangat dekat dengan ayah.

Perasaan tertutup yang tidak sehatTerkadang ada anak perempuan yang mengatakan ia adalah anak ayah dengan bangga. Hal itu menunjukkan ia diperlakukan dengan baik oleh ayah, bahkan ayah sangat menyanyanginya. Atau mungkin ia paling mirip dengan ayah dibanding saudara kandung lain. Atau mungkin ayah memperlakukannya dengan cara yang berbeda, seperti teman kencan atau pasangan romantis. Hal ini dapat menyebabkan pelecehan mental, emosional, dan seksual.

Pelecehan seksualAnak kecil rentan dan sangat mempercayai orang tua mereka. Tetapi, kadang beberapa orang, bahkan orang tua, mengambil keuntungan dari anak-anak yang rentan. Pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur berdampak pada perasaan yang rumit dikendalikan. Anak-anak yang pernah dilecehkan cenderung lebih sering menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi.

Kehilangan figur ayahTerkadang ada orang memiliki ayah yang tidak pernah hadir ketika mereka tumbuh. Mungkin ayah selalu sibuk bekerja, meninggalkan keluarga, atau tidak bisa diandalkan karena terlibat masalah.

Ayah yang jauh secara fisik akan jauh secara emosional. Hal itu dapat menyebabkan luka yang dalam bagi anak. Bahkan, untuk mengisi kekosongan sosok ayah di dalam diri anak, mereka akan terus-menerus membutuhkan perhatian dan validasi dari pria yang lebih tua untuk menggantikan peran ayah.

Keterlibatan ayah: Kualitas atau kuantitas?Studi membuktikan anak yang sering menghabiskan banyak waktu dengan ayah cenderung lebih sedikit memiliki masalah perilaku. Tetapi, keterlibatan jumlah waktu ayah dalam keluarga berisiko pada keluarga yang sehat.

Trauma yang disebabkan dari kekerasan fisik oleh ayah akan menyebabkan anak memiliki kecemasan, depresi, dan penarikan sosial. Bahkan, anak akan meniru perilaku agresif ayah setelah menghabiskan waktu lebih lama dengannya.

Oleh karena itu, menghabiskan banyak waktu dengan ayah tidak selalu bagus. Tetapi memiliki tingkat kualitas waktu yang tinggi dengan ayah yang sehat sangat penting karena dapat mempengaruhi perkembangan anak yang berdampak positif.

Masalah terkait ayahAnak seharusnya tidak bisa disalahkan hanya karena orang tua yang memiliki masalah. Terkadang, masalah ayah bisa mempengaruhi anak dalam bersikap. Semestinya para orang tua tidak melibatkan anak dalam masalah mereka.

Hanya berkencan dengan pria yang lebih tuaJika teman memiliki hubungan yang tidak sehat dengan ayah mereka, maka teman akan mencari orang yang akan selalu ada untuk melindungi. Secara tidak sadar, mereka merindukan cinta yang tidak pernah diterima dari ayah. Ada bahaya hubungan dengan perbedaan usia yang jauh, ada kekuasaan yang tidak stabil dalam hubungan. Berkencan dengan figur ayah atau yang jauh lebih tua mungkin akan menjadikan teman itu ke posisi tipe yang lebih pasif dalam hubungan.

Cemburu Orang yang memiliki masalah dengan ayah akan cenderung menjadi memiliki sifat cemburu dan terlalu cemas. Mereka takut pasangan berkencan dengan orang lain, terus membayangkan pelayan akan menggoda pasangan dan takut ditinggalkan serta tidak pernah merasa cukup dengan yang dimiliki.

Selalu butuh kepastianDimulai dengan rasa takut ditinggalkan, mereka yang memiliki masalah dengan ayah akan memiliki kebutuhan yang tidak akan terpuaskan dalam menerima cinta. Ini adalah sikap membutuhkan kasih sayang, perhatian, dan persetujuan terus-menerus. Di sisi lain mereka ingin mendapatkan hubungan dan keterikatan yang dalam dengan pasangan tetapi cara yang dilakukan salah.

Takut sendiriTanda lain orang yang memiliki hubungan tidak sehat dengan ayah adalah termasuk mau menjalin hubungan dengan cara apapun. Mereka takut sendiri dan tidak nyaman dengan diri sendiri.

SHELAMITA AZZAHRA | VERY WELL MIND

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.